Sun. Nov 28th, 2021

Taukan kamu – Kolesterol tinggi memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung koroner, stroke hingga diabetes. Kadar kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti obesitas, jarang berolahraga serta konsumsi makanan yang tidak sehat. Makanan tinggi lemak dan rendah serat berpotensi menaikkan kadar kolesterol.

MAKANAN PENGURANG KOLESTEROL TINGGI

Supaya kolesterol darah tetap stabil, kamu harus mulai disiplin mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Terdapat berbagai macam makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi, mulai dari sayuran, buah-buahan sampai cemilan untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun, pastikan apakah makanan tersebut efektif untuk menurunkan kolesterol, dilihat dari kandungan nutrisi dan cara pembuatannya.

Untuk mengetahui lebih jauh, berikut makanan yang efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi:

1. Alpukat

Di dalam tubuh, terdapat dua jenis kolesterol yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) yang biasa disebut sebagai kolesterol jahat, dan HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, nutrisi fitosterol dan polifenol. Karena itu, alpukat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kolesterol tetap seimbang.

2. Kacang-kacangan

Selanjutnya, pilihan makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi lainnya yaitu kacang-kacangan misalnya almond dan walnuts. Kacang-kacangan mengandung asam lemak sehat tak jenuh ganda dan tunggal. Selain itu, kacang-kacangan juga memasok vitamin, serat, antioksidan, dan asam lemak omega-3.

3. Gandum Utuh atau Oatmeal

Gandum utuh yang terdapat dalam oatmeal membantu menurunkan kolesterol tinggi. Oat mengandung serat larut jenis beta glucan yang berfungsi menjaga kesehatan metabolisme tubuh. Rutin konsumsi oatmeal sebagai menu sarapan pagi bisa menjadi awal kebiasaan baik untuk menjaga kadar kolesterol.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Contoh sayuran seperti kangkung, bayam, dan sawi terbukti bisa menurunkan kolesterol tinggi. Kandungan antioksidan, serat, serta rendah kalori membuat berat badan terkontrol sehingga mencegah obesitas. Obesitas menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengidap kolesterol tinggi.

5. Buah Beri

Buah beri seperti strawberry, blackberry, dan raspberry mampu menurunkan kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Kandungan polifenol yang tinggi yang terdapat pada buah tersebut berfungsi sebagai antioksidan alami. Selain menurunkan kolesterol, buah beri juga bisa menurunkan kadar gula darah.

6. Minyak Zaitun

Sama halnya alpukat, minyak zaitun juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol tinggi dan mengurangi inflamasi/peradangan pada arteri. Kandungan polifenol dalam minyak zaitun berfungsi meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam darah.

7. Dark coklat

Coklat khususnya dark coklat mampu menurunkan kadar kolesterol. Coklat mengandung zat anti inflamasi dan antioksidan yang terkait dengan penurunan kolesterol tinggi. Akan tetapi, kamu perlu bijak ketika mengonsumsinya karena coklat termasuk makanan tinggi kalori.

8. Ikan Salmon dan Tuna

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk menurunkan kolesterol. Manfaat lainnya yaitu konsumsi ikan salmon dan tuna dapat melancarkan aliran darah dan melindungi kesehatan jantung.

9. Bawang Bombay dan Bawang Putih

Bawang bombay mengandung flavonoid yang dikenal sebagai quercetin, zat ini bertindak sebagai antioksidan yang membantu mencegah kolesterol menyumbat arteri. Tidak jauh dari bawang bombay, bawang putih juga ampuh menurunkan kolesterol, mencegah sumbatan di pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan membantu tubuh melawan infeksi.

10. Apel

Selain alpukat dan buah beri, apel termasuk ke dalam buah yang efektif membantu menurunkan kolesterol tinggi. Apel mengandung zat pektin (terutama pada bagian kulit apel), yaitu serat larut yang berfungsi menurunkan kolesterol dalam tubuh. Serat larut ini bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, kemudian mengeluarkannya melalui urine dan feses.

Baca juga : Slot online

CARA MENGURANGI KOLESTEROL TINGGI

Penerapan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga dan konsumsi makanan bergizi menjadi langkah terbaik untuk tetap sehat dan produktif. Karena hanya dengan maknanan bergizi saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan.

By warung8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *